←back to Blog

Mengapa Freelance Writer Wajib Menguasai Manajemen Waktu?

 

 

Menurut saya, penulis lepas (freelance writer) harus memiliki profesionalisme dalam manajemen waktu karena ini terkait dengan reputasi. 

Selain itu, orang yang pandai mengatur manajemen waktu, akan mendapatkan kepercayaan klien lebih banyak. Sebenarnya, hal lain apa saja yang menjadikan kemampuan menajemen waktu menjadi sangat penting?

 

Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Kerja

Manajemen waktu yang baik memungkinkan penulis  untuk mengatur jadwal kerja secara efisien, sehingga dapat fokus pada pekerjaan dengan lebih baik dan menghindari penundaan.

Sebagai pekerja kantoran, saya masih menulis blog pribadi dan juga konten untuk klien. Mengatur jadwal kerja, bersantai, jalan-jalan,dan menulis membuat saya tidak kewalahan ketika ada job menulis.

Klien biasanya menetapkan tenggat waktu yang ketat untuk proyek mereka. Freelance writer yang profesional dalam manajemen waktu lebih disukai karena ada kesempatan untuk evaluasi serta revisi di rentangwaktu yang tidak membebani.

 

Membantu Mengelola Proyek yang Beragam

Freelance writer sering bekerja dengan banyak klien sekaligus dan harus mengelola beberapa proyek dengan berbagai tenggat waktu.

Manajemen waktu yang baik memungkinkan penulis untuk merencanakan dan mengalokasikan waktu yang cukup untuk setiap proyek dan memastikan bahwa tidak ada yang terabaikan atau diselesaikan dengan terburu-buru.

Saya dan tim Wordholic menyusun timeline pekerjaan dari klien yan berbeda menggunakan Google Docs dan Spreadsheet. Manajemen konten dengan deadline dari klien pun bisa terpantau oleh tim.

 

Mengurangi Stres dan Burnout

Saya pernah begitu serakah dengan aktivitas menulis lepas. Padahal, saya bekerja di kantor dan sering lembur. Dulu, saya tidak tahu kapasitas tubuh saya karena begitu ingin menjadi penulis yang dibayar. Akibatnya bisa ditebak. Saya sakit sampai sulit mengetik selama dua bulan.

Itulah sebabnya, kini saya sangat disiplin untuk membuat jadwal mingguan dan harian. Saya selalu menyelipkan waktu untuk istirahat dan olahraga. Job tidak lagi dikejar, klien menghampiri karena puas dengan pekerjaan saya sebelumnya.

Jika kamu menggantungkan hidup dari menulis saja, jangan lupakan untuk mengatur waktu untuk diri sendiri. Meskipun penulis lepas seringkali bekerja dari rumah atau memiliki fleksibilitas dalam menentukan jam kerja, kesehatan mental dan tubuh tidak boleh terabaikan. 

 

Memungkinkan Perencanaan Jangka Panjang dan Pengembangan Diri

Manajemen waktu yang efektif memberi penulis lepas ruang untuk merencanakan dan bekerja pada tujuan jangka panjang, seperti pengembangan keterampilan atau eksplorasi peluang baru. Ini juga memungkinkan kita untuk berinvestasi dalam pelatihan dan pendidikan lanjutan yang dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing, misalnya belajar di online course seperti Magic Wordpreneur atau ilmu Digital Marketing lainnya.

Ingat, ini bukan untuk mengoleksi sertifikat. Buku dan kelas yang kamu ikuti harus berpengaruh pada penambahan kemampuan teknismu. Rencanakan dengan baik setiap langkah dalam karier menulis seperti kamu bekerja di kantor.

 

Terhindar dari Konflik dan Salah Paham dengan Klien

Ketika seorang penulis dapat mengatur waktu mereka dengan baik, mereka lebih mampu memberikan perkiraan yang realistis tentang kapan sebuah proyek akan selesai. 

Hal ini membantu untuk menghindari konflik dan kesalahpahaman dengan klien mengenai jadwal penyelesaian pekerjaan. Masukkan juga perkiraan berapa kali revisi beserta durasinya. Klien pun jadi memahami perkembangan tulisan sesuai dengan jadwal yang kamu buat.

Jika ada hal yang di luar jadwal, seperti permintaan mendadak dari klien atau perubahan dalam proyek, kamu dapat menyesuaikan jadwal mereka dengan lebih mudah tanpa mengorbankan kualitas kerja atau tenggat waktu yang sudah ditentukan.

Reffi Dhinar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *