Membuat copywriting efektif dengan formula Hook-Benefit-CTA memiliki kemampuan untuk menarik perhatian, membangkitkan minat, dan mendorong tindakan dari audiens.
Hook-Benefit-CTA adalah sistem yang memastikan bahwa setiap bagian dari copywriting berfungsi untuk memaksimalkan keterlibatan dan konversi.
Mengapa Konversi Itu Penting?
Konversi dalam copywriting adalah metrik yang mengukur seberapa efektif teks atau konten yang dibuat dalam mengarahkan audiens untuk melakukan tindakan yang diinginkan. Pentingnya konversi dalam copywriting tidak bisa diremehkan karena beberapa alasan berikut:
Tujuan Utama dari Pemasaran
Pemasaran bertujuan untuk mendorong tindakan tertentu dari audiens, entah itu pembelian, langganan, atau tindakan lain yang menguntungkan bisnis seperti bertambahnya traffic website dan jumlah followers di medsos.
Copywriting yang baik adalah alat utama untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa konversi yang tinggi, upaya pemasaran tidak akan menghasilkan hasil yang diinginkan dan bisa dianggap gagal.
Peningkatan Loyalitas Pelanggan
Saat konten yang kamu buat memiliki copywriting yang tidak hanya bagus, tetapi juga bermanfaat, maka audiens pun mulai menjadi loyal.
Ketika audiens merasa dihargai dan mendapatkan manfaat dari konten yang disajikan, mereka cenderung kembali dan bahkan bisa menjadi referal.
Pengaruh terhadap Brand Awareness dan Engagement
Copywriting yang baik bisa membantu meningkatkan brand awareness dan engagement dengan audiens. Yang semula tidak tahu soal merekmu, berkat copywriting, maka mereka akan lebih aware dan juga mulai terbentuk engagement.
Semakin tinggi tingkat kepercayaan dari para audiens, maka akan lebih mudah mendorong mereka untuk melakukan sesuatu. Banyak sekali kreator yang memiliki jumlah followers besar, tetapi tidak bisa menjual produk. Engagement bisa terjadi dengan sangat baik pada akun yang jumlah pengikutnya dua ribu sekalipun.
(Baca Juga: Format Copywriting FAB untuk Konten)
Formula Hook-Benefit-CTA Pada Copywriting
Berikut adalah panduan praktis tentang bagaimana menerapkan sistem Hook-Benefit-CTA dalam copywriting yang kamu buat.
Hook: Menarik Perhatian
Hook adalah bagian pertama dan terpenting dari kontenmu. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian pembaca dalam hitungan detik. Inilah beberapa contoh cara untuk menciptakan Hook yang efektif:
- Gunakan Pertanyaan Provokatif: Mulai dengan pertanyaan yang membuat pembaca berhenti dan berpikir. Misalnya, “Apakah kamu tahu rahasia sukses dalam bisnis online?”
- Ceritakan Storytelling Menarik: Cerita yang relevan dapat dengan cepat menarik minat pembaca. Misalnya, “Habis gajian, uang bablas bayar Paylater? Begini cara mengaturnya!”
- Statistik Mengejutkan: Angka yang mengejutkan atau fakta menarik dapat membuat pembaca ingin tahu lebih banyak. Misalnya, “Tahukah Anda bahwa 70% orang tidak bahagia dengan pekerjaan mereka?”
Benefit: Menyampaikan Manfaat
Setelah berhasil menarik perhatian, langkah berikutnya adalah menjelaskan manfaat produk atau layanan lewat kontenmu. Manfaat adalah alasan utama pembaca harus peduli dan terus membaca. Berikut beberapa cara untuk mengartikulasikan manfaat dengan efektif:
- Fokus pada Keinginan dan Masalah Pembaca: Identifikasi masalah yang dihadapi audiens dan jelaskan bagaimana produkmu dapat menyelesaikannya. Misalnya, “Dengan software ini, kamu dapat menghemat waktu hingga 50% dalam mengelola tugas harian.”
- Gunakan Bahasa yang Jelas dan Spesifik: Hindari jargon atau istilah teknis yang bisa membingungkan. Jelaskan manfaat dalam bahasa yang mudah dipahami. Misalnya, “Dapatkan kulit yang lebih cerah hanya dalam dua minggu.”
- Buat Manfaat Lebih Personal: Hubungkan manfaat dengan emosi atau aspirasi pembaca. Misalnya, “Rasakan kebebasan finansial dan nikmati hidup tanpa beban utang.”
CTA (Call to Action): Menggerakkan Tindakan
CTA adalah bagian terakhir dari copywriting dan berfungsi untuk mendorong pembaca mengambil tindakan yang kamu inginkan. CTA yang baik harus jelas, spesifik, dan mendesak. Ini beberapa contohnya:
- Gunakan Kata Kerja Aktif: Mulailah CTA dengan kata kerja yang menunjukkan tindakan. Misalnya, “Daftar sekarang,” “Dapatkan penawaran spesial,” atau “Mulai uji coba gratis.”
- Buat CTA Terlihat dan Menonjol: Desain CTA agar mudah ditemukan dan di-klik. Gunakan warna kontras dan tempatkan di posisi strategis dalam layout desain konten atau landing page.
- Berikan Alasan untuk Bertindak Sesegera Mungkin: Tambahkan elemen urgensi atau kelangkaan untuk mendorong tindakan cepat dari audiens. Misalnya, “Penawaran berlaku hingga akhir bulan ini” atau “Hanya tersedia untuk 100 pelanggan pertama.”
Membuat copywriting efektif dengan format Hook-Benefit-CTA juga bisa digunakan untuk konten video. Pilih saja format yang pas dan utak-atik kalimat dengan kreatif. Ingin menjadi freelance writer yang memahami copywriting dan content writing dari dasar? Ikuti kelas Magic Wordpreneur di sini.
- Ide Personal Branding Penulis Dari Buku ‘You Are The Brand’ – September 8, 2024
- Cara Mencari Jenis Ide Konten Agar Blog Tetap Disukai – September 7, 2024
- Di Balik Content Writing Master yang Terbit di Cabaca – September 1, 2024
Leave a Reply