←back to Blog

Membangun Hubungan Baik dengan Klien Sebagai Freelance Writer

 

Bagaimana caranya membangun baik dengan klien saat kamu bertugas sebagai freelance writer? Barangkali yang ada di kepalamu saat ini adalah menaati pasal kerja sama? Itu tidak salah, tetapi selama saya menjadi pekerja kantoran dan freelance writer sejak 2012, saya menemukan beberapa hal yang mendukung kerja sama.

 

Memiliki Sistem Kerja yang Jelas

Ketika mendapatkan pekerjaan menulis dari platform website freelancer seperti projects.co.id, brief dari klien biasanya mencakup jumlah artikel, ketentuan penulisan, dan juga deadline. Nah, biasanya saya juga akan menjelaskan sistem kerja dari saya sendiri.

Misalnya, setelah tulisan disetorkan, berapa kali maksimal revisi yang kamu mau dan berapa lama kira-kira waktu penyelesaiannya?

Jika di dalam platform freelancer sudah jelas susunan sistemnya, kamu tinggal patuhi sesuai ketentuan saja.

 

Tahu Batas Kemampuan

Saya pernah menjadi freelance writer serakah. Karena merasa bisa menulis artikel dengan cepat, saya ambil semua job menulis sampai akhirnya burnout. Pekerjaan jadi terhambat.

Ketahui batas kemampuanmu saat ini. Kamu hanya sanggup menulis 20 artikel dalam 3 minggu? Jangan menambah job dari klien lain dalam waktu berdekatan. Lebih baik fokus pada job yang kamu peroleh lebih dulu, percepat penyelesaian, baru berburu job menulis lain.

 

Komunikasi Lancar

Dengarkan dan pahami dengan baik apa yang diinginkan oleh klien. Ajukan pertanyaan untuk menggali apa yang mereka mau terutama jika brief yang disampaikan masih terlalu sedikit menurut pertimbanganmu.

Informasikan perkembangan proyek secara berkala, meskipun hanya 5%. Tentukan berapa hari sekali kamu memberikan report. Tanggapi pesan atau email klien secepat mungkin. Respons cepat menunjukkan profesionalisme dan komitmen terhadap proyek yang sedang kamu kerjakan.

 

Fleksibel dan Adaptif

Kalau kamu ingin disukai klien, jadilah freelance writer yang adaptif dan bisa fleksibel dengan permintaan klien selama tidak meleset jauh dari kesepakatan dan regulasi hukum. Misalnya, klien ingin proyek menulis dipercepat tenggat waktunya dengan tambahan fee. Segera adaptasi dan kerjakan lebih cepat.

Namun, kamu tidak perlu berkompromi sampai mengorbankan kesehatan demi menyenangkan klien. Sampaikan dengan jujur bila ada kendala. Terimalah saran dan kritik dari klien yang menyangkut tulisanmu. 

 

Menawarkan Nilai Tambah

Berikan nilai tambah dalam proyek yang kamu kerjakan. Tidak perlu memaksakan diri dengan tambahan value yang berlebihan. Kamu bisa memberikan masukan kepada klien dan tetap menunjukkan integritas.

Saat kamu memiliki ide yang dapat meningkatkan proyek klien, jangan ragu untuk memberi saran. Hal ini menunjukkan bahwa kamu peduli terhadap keberhasilan klien, bukan hanya tugasmu sendiri.

Bersikaplah  transparan dan jujur dalam semua aspek kerjamu. Jika ada kesalahan, akui dan segera perbaiki. Integritas akan membantu membangun kepercayaan yang kuat dengan klien sehingga mereka berkenan melakukan kerja sama jangka panjang hingga merekomendasikanmu pada rekanan lain.

 

Mau Memberi Lebih

Klien memintamu untuk mengerjakan tulisan dalam waktu dua minggu? Kamu bisa kerjakan lebih cepat menjadi 10 hari contohnya. Memberi lebih ini tidak perlu terlalu berlebihan, sesuaikan dengan kemampuanmu, tetapi bisa memberikan kejutan buat klien.

Yang pernah saya lakukan selain mengerjakan job tidak mepet deadline, saya juga menambah jumlah kata agar artikel yang dibuat jadi lebih padat. Dari tulisan minimal 500 kata, saya tambah menjadi 600 hingga 800 kata tanpa biaya tambahan, terutama buat artikel yang butuh penjelasan lebih mendetail.

(Baca Juga: Menulis Fiksi Sebagai Pekerjaan Sambilan)

Bagaimana? Apakah kamu sudah melakukan tips membangun hubungan baik dengan klien seperti di atas? Kalau kamu masih menjadi freelance writer dan butuh strategi cara membangun kariernya, pelajari saja di online course Magic Wordpreneur yang bisa kamu beli di sini.

Reffi Dhinar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *