←back to Blog

5 Jenis Pekerjaan Menulis Freelance yang Bisa Menambah Cuan

 Jenis Pekerjaan Menulis Freelance

Kalau kamu membaca ini, mungkin kamu ingin tahu bagaimana caranya mendapat pekerjaan menulis freelance. Mungkin juga kamu sudah capek untuk mencari tips menjadi penulis freelance?

Siapapun bisa menjadi seorang penulis freelance tanpa sertifikasi dan lulus bidang studi tertentu. Selama kamu punya kemampuan menulis dan terus mau belajar untuk mengasah keterampilan, kamu pasti bisa sukses.

Dalam artikel ini kamu akan mengetahui lebih detail apa saja keuntungan menjadi penulis freelance serta ruang lingkup pekerjaannya.

Apa itu bisnis menulis freelance?

Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana sih seseorang bisa menjadi penulis freelance?

Jadi, pada dasarnya seorang freelancer adalah seseorang yang bekerja mandiri dan punya kontrak kerjasama dengan klien individu dan perusahaan dalam jangka waktu pendek. Jika klien puas dengan hasil pekerjaan, kontrak dan proyek baru pun bisa berlanjut.

Menulis freelance itu waktu kerjanya fleksibel dan salah satu cara kreatif untuk menghasilkan uang secara online. Kamu bisa menjadikan kegiatan tersebut sebagai side hustle, hobi tambahan, atau karir purnawaktu sesuai dengan kebutuhan serta keinginanmu.

Kelebihan lain dari menulis freelance ini adalah penulis bisa memegang kontrol penuh atas pekerjaannya. Penulis dapat mengatur jadwal sendiri, memutuskan dengan siapa akan bekerjasama, di mana bekerjanya, proyek apa yang akan dipilih dan sebagainya.

Ada beberapa jenis karir menulis freelance yang bisa kamu tempuh. Profesi-profesi ini membutuhkan kemampuan dan kesempatan proyek yang beragam. Proyek pun muncul dengan tema-tema berbeda pula.

(Baca Juga: 4 Skill Content Writer yang Harus Dimiliki )

Jenis pekerjaan menulis freelance

Inilah beberapa jenis pekerjaan menulis freelance yang perlu kamu tahu!

Content writer freelance

Content writer freelance menghasilkan tulisan secara daring yang sifatnya informatif, mendidik, atau menghibur. Seorang content writer yang baik membutuhkan wawasan luas dan mampu menulis dalam persona yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan proyek.

Satu hal penting yang perlu dipelajari content writer adalah SEO dasar yang salah satunya tahu riset mencari keyword. Tujuannya agar tulisan bisa masuk halaman pertama situs pencarian.

Yang termasuk content writing adalah artikel blog, website, skrip video, deskripsi aplikasi dan lain-lain. Saat ini, menulis konten juga diperlukan untuk media sosial. Sebuah perusahaan yang ingin membangun jenamanya (branding), membutuhkan kreator konten yang bekerjasama dengan desainer sehingga kontennya punya isi yang berkualitas serta estetik.

Copywriter freelance

Meskipun ada kemiripan, copywriting sedikit berbeda dengan content writing. Perbedaan utamanya terletak dari gaya bahasa. Copywriting menggunakan bahasa persuasif, membutuhkan strategi, dan mempertimbangkan data agar bisa menarik pembaca untuk membeli sebuah produk atau jasa.

Copywriter freelance menulis di social media ads, slogan, tagline, landing page, product page, email marketing dan masih banyak lagi. Namun, saat ini kemampuan content writing dan copywriting dibutuhkan oleh pemilik perusahaan atau bisnis. Konten yang sifatnya soft selling akan memberi value sekaligus diharapkan menghasilkan konversi (menambah jumlah followers, klik landing page, dsb).

Kolumnis freelance

Kolumnis freelance menulis untuk publikasi tertentu, menyediakan artikel jurnalistik dengan sudut pandang pribadi (opini) atau disesuaikan dengan kondisi aktual dunia.

Tugas kolumnis ini bisa dibaca di koran, majalah, atau website yang dimasukkan dalam kategori khusus semacam kuliner, olahraga, dan politik. Kolumnis perlu mengetahui berita-berita terkini baik di daerahnya dan juga mancanegara.

Ghostwriter freelance

Sebagai seorang ghostwriter, tentu saja tulisanmu tidak akan menggunakan namamu sebagai penulis. Tulisanmu akan diakui sebagai tulisan orang lain atau sebuah perusahaan. Jadi ghostwriter perlu menyesuaikan diri dengan kepribadian dan gaya bahasa klien dan melakukan riset secara komprehensif.

Ghostwriter diperlukan untuk menulis buku non-fiksi dan fiksi. Untuk menjadi ghostwriter, sebaiknya kamu juga sudah mempunyai portofolio cukup, misalnya kamu perlu memiliki novel untuk menjadi ghoswriter fiksi.

Penulis akademik freelance

Penulis artikel akademik juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan freelance sehingga artikel yang ditulis harus berdasarkan referensi ilmiah kredibel. Oleh sebab itu, penulis artikel akademik atau jurnal ilmiah harus mempunyai kualifikasi tertentu. Konten sejenis ini biasanya diterima di jurnal berseri sebuah organisasi, materi kelas atau kurikulum, dan konten lain yang memang sifatnya akademik.

Inilah jenis pekerjaan menulis freelance yang bisa kamu coba. Kamu mau menekuni yang mana? Share di kolom komentar ya!

Reffi Dhinar

One response to “5 Jenis Pekerjaan Menulis Freelance yang Bisa Menambah Cuan”

  1. ainun Avatar
    ainun

    kalau sekarang masih content writer, pengen lebih mendalami ke kolumnis, karena udah lama juga nggak nulis dengan konsep seperti feature

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *