←back to Blog

Format Copywriting FAB untuk Konten

Framework copywriting FAB (Features, Advantages, Benefits) adalah salah satu pendekatan klasik dalam pembuatan konten pemasaran dan penjualan yang bertujuan untuk menyampaikan nilai produk atau layanan kepada calon pelanggan.

Pendekatan ini membantu dalam menyusun pesan yang tidak hanya menarik tetapi juga meyakinkan. 

Formatnya  menguraikan secara spesifik untuk membahas apa yang ditawarkan oleh produk atau layanan, bagaimana hal itu dapat memberikan keuntungan, dan manfaat yang memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan. 

 

Penjelasan Format Copywriting FAB

Bagaimana, sih, penerapan format copywriting ini? Kamu bisa mempelajarinya dengan membaca penjelasan di bawah ini.

Features (Fitur)

Fitur adalah karakteristik atau aspek spesifik dari produk atau layananmu. Isinya meliputi deskripsi teknis atau fakta tentang apa yang kamu jual atau tawarkan.

Contoh, jika kamu menjual sebuah smartphone, fiturnya  termasuk ukuran layar 6 inci, memori internal 128GB, dan kamera belakang 48MP. Dalam layanan jasa seperti Wordholic Class memiliki fitur kelas Copywriting, Socmed, dan Journaling.

Advantages (Keunggulan)

Keunggulan mengacu pada apa yang membuat fitur tersebut berharga atau bagaimana fitur tersebut membedakan produk atau layananmu dari kompetitor.Inilah kunci pembeda dari apa yang kamu tawarkan dari kompetitor.

Istilah lain dari keunggulan adalah benefit. Jadi, dengan fitur yang sudah ada, keunggulan apa yang bisa ditawarkan kepada target audiens untuk kebutuhan atau masalah mereka?

Menggunakan contoh smartphone tadi, keunggulan dari ukuran layar 6 inci bisa menjadi lebih nyaman untuk menonton video atau bermain game, memori internal 128GB berarti lebih banyak ruang penyimpanan untuk foto, video, dan aplikasi, dan kamera belakang 48MP memungkinkan pengambilan gambar yang lebih tajam dan detail.

Keunggulan dari Wordholic Class adalah mengajarkan peserta dengan kemampuan menulis pemula untuk menguasai berbagai jenis skill menulis dengan materi penguatan mindset dan tidak menguras mental health.

Benefits (Manfaat)

Manfaat adalah nilai atau hasil nyata yang diterima oleh pelanggan sebagai akibat dari fitur dan keunggulan produk.

Jadi, dari keunggulan produk atau layanan, apa saja, sih, perbaikan kehidupan atau penyelesaian masalah yang diperoleh target audien?

Dalam contoh smartphone, manfaatnya bisa termasuk kemampuan untuk menangkap momen penting dalam kualitas tinggi, tidak pernah kehabisan ruang untuk menyimpan kenangan berharga, atau menikmati hiburan dengan kualitas visual yang memukau.

Untuk Wordholic Class yang saya buat, manfaatnya bisa memberikan ruang buat penulis pemula yang butuh panduan belajar menulis, mengatur konten medsos, tetapi terkendala kesibukan dan mental health terganggu karena banyaknya pekerjaan di sela menulis.

 

Framework FAB Bisa Digunakan Di Jenis Konten Apa?

Berikut adalah beberapa situasi spesifik di mana penggunaan framework FAB bisa sangat efektif.

Penjualan Produk atau Layanan

Ketika kamu menjual produk atau layanan, gunakan FAB untuk  membantu dalam membedakan penawaranmu dari kompetitor. 

Kamu tidak hanya mengandalkan harga yang murah, tetapi jelaskan value of preposition atau apa yang menjadi pembedamu berdasarkan manfaat dan benefit untuk transformasi hidup atau pikiran target audiens.

Peluncuran Produk Baru

Saat memperkenalkan produk baru, penting untuk mengkomunikasikan nilai dan keunikan produk tersebut kepada audiens.

FAB membantu dalam menyampaikan ini dengan cara yang terstruktur dan meyakinkan, sehingga dapat memastikan bahwa target audiens  memahami apa yang membuat produk baru tersebut berharga atau berbeda.

Pembuatan Konten Marketing

Dalam pembuatan brosur, halaman web, iklan, atau jenis konten pemasaran lainnya, FAB bisa membantumu untuk menyusun pesan yang tidak hanya informatif tetapi juga menginspirasi audiens untuk bertindak.

FAB menekankan pada solusi yang ditawarkan produk atau layanan terhadap masalah atau kebutuhan target audiens. Misalnya, smartphone ini cocok digunakan kreator konten atau untuk audiens yang tidak ingin kehilangan momen berharga dalam hidupnya.

Meningkatkan Engagement pada Media Sosial

Dalam konten media sosial, dimana perhatian audiens sangat terbatas, menggunakan FAB bisa membantu mereka dalam menyampaikan pesan dengan cepat dan efektif.

Fokuslah pada manfaat produk atau layanan yang dapat meningkatkan engagement dan memicu diskusi. Kamu juga bisa menggunakan framework ini untuk keperluan pitching atau presentasi di hadapan target audiens.

Format copywriting FAB dapat kamu gunakan sebagai selingan dengan framework lainnya. Apakah kamu tertarik untuk menggunakannya? Bagikan pengalamanmu di sini, ya! (Baca Juga: Storytelling Copywriting Pemula)

 

Reffi Dhinar

2 responses to “Format Copywriting FAB untuk Konten”

  1. Do’s dan Don'ts Seorang Freelance Copywriter – KINKAKU 金書

    […] pun belajar banyak hal baru ketika mulai menekuni copywriting. Seperti apa temuan versi […]

  2. Membuat Copywriting Efektif dengan Formula Hook-Benefit-CTA – KINKAKU 金書

    […] (Baca Juga: Format Copywriting FAB untuk Konten) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *