←back to Blog

Cara Menulis Ebook dengan Profesional

 

Apakah kamu ingin menambah pemasukan dari berjualan produk digital? Sebagai penulis, ebook bisa menjadi salah satu pilihan. Bagaimakah cara menulis ebook dengan profesional dan apakah ebook bisa menjadi model bisnis yang menjanjikan?

Ebook Bisa Menarik Calon Pembaca

Ebook mini sebanyak belasan halaman bisa menjadi pemikat pembaca yang nantinya akan menjadi calon pembaca karyamu lainnya. Ibaratnya, ebook ini bisa menjadi teaser karyamu yang jauh lebih banyak halamannya.

Kamu juga bisa melakukan praktik list building dengan membuat ebook. Setiap orang yang sudah mengunduh ebook, dapat memberikan nama dan email sehingga setiap kali meluncurkan produk terbaru, kamu bisa mengirimkan melalui email.

Bolehkah menulis ebook menggunakan ChatGPT? Tidak ada yang melarang, tetapi bagi saya, hasil dari ChatGPT wajib dipermak lagi dengan kemampuanmu sebagai penulis. Kamu juga perlu memeriksa kembali struktur kalimat aneh yang tidak jelas Subjek serta Predikat hingga mengatur koherensi antarparagraf agar logis dan enak dibaca.


Cara Menulis Ebook

Untuk membuat ebook yang berkualitas tinggi dan profesional, diperlukan perencanaan dan pendekatan yang tepat. Coba adaptasi langkah-langkah menulis ebook di bawah ini untuk kebutuhanmu.

 

Tentukan Tujuan dan Audiens

Langkah pertama dalam menulis ebook adalah menentukan tujuan utama dari ebook tersebut. Apakah kamu ingin memberikan panduan, mengajarkan keterampilan baru, atau menceritakan kisah inspiratif?

Selain itu, kamu juga harus mengenal target pembaca. Contohnya, kamu ingin menjual ebook 100 halaman dengan judul ‘Kiat-Kiat Menjadi Penerjemah Profesional Tanpa Kuliah Bahasa’, maka untuk menarik calon pembeli, kamu bisa membuat ebook 10 halaman tentang tips belajar bahasa secara otodidak.

Kamu menetapkan latar belakang pembaca berasa dari orang-orang yang bukan pembelajar bahasa dan sastra di perguruan tinggi dan tips belajar bahasa tanpa ikut kursus. 

 

Buat Rencana dan Outline

Setelah menetapkan tujuan dan audiens, buatlah rencana yang jelas tentang apa yang akan kamu tulis. Mulailah dengan membuat outline atau kerangka dasar dari ebook. 

Sebaiknya, dalam satu ebook itu memiliki satu permasalahan yang bisa diselesaikan dalam penjabaran di dalam isinya. (Baca Juga: Tips Menulis Review Film)

Outline ini harus mencakup judul bab, subjudul, dan poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan di setiap bab. Saat membuat outline, kamu juga bisa mulai mengumpulkan informasi untuk riset. Dalam ebook non-fiksi harus mencantumkan daftar pustaka dari buku hingga tautan artikel yang kamu baca.

 

Tulis dengan Gaya Bahasa Mengalir

Rajinlah membaca blog orang lain untuk memahami gaya tulisan mengalir. Ebook harus mudah dicerna dan dipahami oleh target pembacamu. Hindari penggunaan jargon yang rumit atau kalimat yang terlalu panjang.

Usahakan untuk menulis dengan bahasa yang sederhana dan tetap menggugah serta informatif. Gaya penulisan yang natural dan mengalir akan membuat pembaca lebih nyaman dan mudah memahami isi ebook.

 

Gunakan Visual Pendukung

Ebook tidak hanya mementingkan teks, visual juga memainkan peran penting dalam ebook. Gunakan gambar, grafik, atau diagram yang relevan untuk memperjelas poin-poin penting yang kamu sampaikan.

Ingat selalu unduh gambar pendukung dari website yang memiliki hak bebas untuk hak cipta misalnya di website Unsplash dan Pexel. Hindari menggunakan gambar dari Pinterest tanpa izin dari pemilik gambar aslinya.

 

Teliti Kembali Isi Ebook

Setelah menyelesaikan draf pertama ebook, luangkan waktu untuk memeriksa dan mengedit dengan teliti. Cari kesalahan tata bahasa, ejaan, dan ketidakkonsistenan dalam ebook.

Jika memungkinkan, mintalah bantuan dari editor profesional untuk memastikan karyamu bebas dari kesalahan dan tampil dengan kualitas yang terbaik. Selain memeriksa ulang isi konten ebook, kamu juga perlu memeriksa kerapian spasi dan gambar. 

 

Format dan Desain dengan Baik

Canva bisa menjadi alternatif layout untuk ebook yang kamu buat. Akan lebih baik kalau kamu berlangganan Canva Premium sehingga punya akses desain untuk layout ebook lebih banyak.

Mau membuat dalam format lebih praktis? Kamu bisa mengetik isi ebook di Google Docs lalu atur paragraf, baris, hingga font yang mudah dibaca. Unduh menjadi PDF sehingga bisa kamu publikasikan.

Setelah ebook selesai, barulah kamu bisa mencari media untuk publikasi. Kamu bisa menggunakan platform seperti blog (jika menyebarkan Ebook gratis), lalu jual ebook utama di platform seperti Clicky dan Tribelio. 

 

Sudah siap menjadi penulis yang punya penghasilan pasif? Baca artikel cara menulis ebook profesional ini dan kerjakan sekarang juga untuk ebook pertamamu.

 

Reffi Dhinar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *