←back to Blog

6 Tips Affiliate Marketing di Blog

tips affiliate marketing

 

Affiliate marketing telah menjadi salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang secara online. Menyebarkan tautan affiliate juga bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari blog. Bagaimana tips affiliate marketing di blog agar bisa menambah pundi-pundi cuan menyenangkan?

 

Langkah Membangun Konten Affiliate di Blog 

Affiliate marketing adalah sebuah aktivitas mempromosikan produk atau layanan orang lain lalu kita akan mendapat komisi ketika seseorang membeli melalui tautan afiliasi tersebut.

Salah satu platform yang sering digunakan untuk memulai affiliate marketing adalah blog. Perhatikan tahapan di bawah ini agar kamu bisa coba di blog sendiri.

Pilih Niche yang Relevan

Langkah pertama dalam affiliate marketing di blog adalah memilih niche atau topik yang relevan dengan audiensmu. Pilihlah sesuatu yang kamu minati dan miliki wawasan lengkap agar bisa terus membuat konten.

Contohnya, blog Kinkaku ini membahas topik-topik kepenulisan dan dunia freelance writer. Maka, saya bisa memasukkan tautan afiliasi kelas menulis daring di salah satu artikel yang membahas mengenai ‘cara menulis blog’.

Kalau blogmu memiliki niche parenting, kamu bisa juga menyebarkan tautan Shopee Affiliate tentang produk bayi dan anak. Jadi, di sela konten tips, kamu bisa menyelipkan tautan yang cocok.

 

Pilih Program Afiliasi yang Tepat

Setelah kamu menentukan niche, carilah program afiliasi yang sesuai. Ada banyak program afiliasi yang berbeda di luar sana, jadi pastikan kamu memilih yang cocok dengan niche blog pribadimu. Pertimbangkan komisi yang ditawarkan, reputasi perusahaan, dan kualitas produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Bagaimana kalau blog yang sekarang sedang kamu kembangkan masih gado-gado? Untuk latihan, kamu bisa mulai dari cari tahu konten apa yang paling sering kamu tulis di blog. Misalnya, kamu ada kategori Travel, nah bisa coba cari afiliasi untuk perlengkapan traveling.

 

Buat Konten Berkualitas

Konten adalah kunci dalam affiliate marketing. Buat konten berkualitas yang bisa menjawab masalah target audiens. Tulis ulasan produk yang informatif dan jujur, dan berikan saran yang berguna. Gunakan gambar, video, dan grafik untuk memperkuat pesanmu.

Selain konten review, kamu bisa menulis artikel informatif atau edukatif yang diselipi tautan afiliasi. Contoh, kamu menulis artikel tips mengelola uang ketika bulan Ramadan.

Dalam artikel tersebut kamu membahas cara mengatur pos pengeluaran, menghitung pemasukan dan pengeluaran harian, dan lainnya. Lalu, kamu selipkan afiliasi menuju aplikasi penghitung keuangan.

Ada aplikasi yang memberi fee kepada pengguna jika menyebarkan tautan unduhan dan pembaca menjadi anggota aplikasi tersebut seperti TikTok. Sesuaikan saja konten dengan topik afiliasi. Syaratnya, harus benar-benar nyambung.

 

Transparansi adalah Kunci

Hindari menggunakan kata pujian berlebihan tentang produk yang kamu tawarkan. Kamu harus mengenali dulu bagaimana  keuntungan produk tersebut dan sesuaikan dengan gaya bahasamu. 

Sebelum merekomendasikan produk, lakukan penelitian yang mendalam. Pastikan produk atau layanan tersebut berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan audiensmu. Jangan hanya mempromosikan apa pun demi uang karena ini dapat merusak reputasi blog yang kamu kelola.

Memang lebih baik kalau kamu sudah mencoba lebih dulu produk atau jasa yang memiliki program afiliasi. Namun, jika kamu menjadi Shopee Affiliate, tentu tidak semua barang akan kamu beli untuk dicoba. Amati tiap produk dan review di aplikasi. Jika memang banyak hal negatif, coba pertimbangkan untuk menyebarkan tautan afiliasinya di konten blog.

 

Optimasi SEO

Pilih satu produk afiliasi lalu cari tahu jenis kata kunci yang cocok untuk dijadikan artikel. Misalnya, kamu menjadi affiliate marketer untuk program kelas yang membahas serba-serbi blog dan content writing profesional, kamu bisa mencari jenis kata kunci informatif dan riset long-tail keyword yang sesuai.

Buat artikel minimal 500 kata dengan topik terkait kelas, contoh ‘tips menjadi blogger profesional’. Lalu di akhir artikel tuliskan petunjuk cara membeli kelas dan gunakan tautan afiliasimu. Optimasi kata kunci untuk SEO pada artikel juga perlu kamu perhatikan. 

 

Manfaatkan Media Sosial

Bagikan konten blog yang memuat produk afiliasimu di media sosial untuk meningkatkan jangkauan dan mencapai audiens yang lebih luas. Gunakan platform media sosial yang paling relevan dengan niche atau sesuai dengan target audiens.

Kamu bisa membagikan konten di Instastory, WA Story, atau FB Story setiap hari. Membagi konten di Story ini tidak terkesan spam karena hanya ada di akun kita sendiri.

(Baca Juga: Cara Membangun Networking Content Writer)

Berikut ini tips affiliate marketing di blog yang bisa kamu coba. Hasilnya mungkin tidak terlihat segera, tetapi dengan waktu dan upaya yang konsisten, rajin berbagi di medsos, menambah komunitas sesama penulis atau blogger, maka dampaknya akan kamu nikmati.

 

Reffi Dhinar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *