Saat mencari artikel di Google, pembaca sering kali tertarik pada artikel dengan judul yang menarik, sehingga mereka merasa terdorong untuk mengklik dan membacanya. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa judul yang menarik memiliki daya tarik tersendiri bagi para pembaca. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari tips menulis judul artikel yang menarik.

Bagi banyak penulis, menulis judul membutuhkan kreativitas dan konsentrasi tinggi. Bahkan, tidak jarang para penulis menghabiskan banyak waktu hanya untuk merangkai judul. Pasalnya, judul artikel tidak bisa dibuat sembarangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menulis judul artikel yang menarik bagi pembaca. Penasaran? Yuk, simak bersama!

 

Buatlah Draft Judul Terlebih Dahulu

Langkah pertama untuk menulis judul yang menarik adalah membuat draft judul. Sebelum mulai menulis isi artikel, ada baiknya untuk merancang dua atau lebih opsi judul untuk artikel tersebut.

Biasanya, semakin banyak draft judul yang dibuat, semakin besar kemungkinan menemukan judul yang menarik. Jadi, ketika artikel selesai ditulis, kamu tidak perlu repot memikirkan judulnya lagi. (Baca Juga: 4 Manfaat Menjadi Penulis Oportunis )

 

Tambahkan Angka di Depan Judul

Saat mencari di Google, kamu pasti sering menemukan artikel dengan judul yang memiliki angka di depannya. Misalnya, “3 Metode Menanam Bunga Mawar di Rumah kaca” atau “30 Kiat Menulis Copywriting supaya Menggaet Target Audiens”.

Angka tersebut memberikan daya tarik yang luar biasa bagi pembaca. Angka membuat pembaca dapat memperkirakan isi artikel. Misalnya, jika seseorang ingin mencari cara membangun personal branding sebagai penulis dan terdapat lima tahapan, pembaca sudah memiliki gambaran di dalam kepala mereka.

Dalam copywriting, kita juga mengenal adanya Headline. Memasukkan angka pada bagian Headline dapat memancing rasa ingin tahu pembaca agar mengamati lebih lanjut isi utama tulisan.

 

 Tulis Judul yang Singkat, Mudah Dipahami

Menyusun judul artikel memang bisa menjadi tugas yang cukup menantang. Kamu perlu merangkum semua bahasan yang ada di artikel tersebut dengan tepat. Judul yang singkat tidak berarti hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Lihat contoh artikel di blog ini, misalnya. Judul bisa terdiri dari 7 hingga 8 kata dengan suku kata yang tidak terlalu panjang.

Usahakan agar judul yang kamu buat tidak lebih dari 70 karakter. Sertakan poin yang menarik di dalam judul untuk menarik minat pembaca. Ingat, hindari membuat judul yang bersifat clickbait hanya untuk mengejar klik, hingga mengabaikan kualitas konten. Fokuslah pada manfaat yang bisa kamu sampaikan dalam artikel!

 

Sesuaikan Gaya Bahasa dengan Jiwa Brand

Jika kamu ingin menjadi seorang content writer profesional, belajarlah menulis dengan berbagai tone atau gaya bahasa dan pahami brand yang kamu wakili.

Menulis di blog pribadi tentu berbeda dengan menulis di website klien atau perusahaan. Setiap perusahaan memiliki suaranya yang otentik atau gaya bahasa yang berbeda. Dalam membuat judul artikel, pastikan bahasa yang digunakan sesuai dengan standar klienmu. Makanya, seorang content writer perlu menjadi penulis mimikri sesuai dengan kebutuhan klien.

Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian pembaca. Selain itu, pahami juga target pembacamu. Jika target pembacamu adalah usia 20-an, tidak ada salahnya membuat judul artikel yang lebih santai agar tidak terkesan kaku.

(Baca Juga: Perlunya Menulis Artikel dengan Plain Language)

 

Diskusikan atau Brainstorming Ide dengan Orang Lain

Jika kamu bekerja di sebuah perusahaan dan berada di divisi editorial sebagai content writer, cobalah mendiskusikan judul yang sudah kamu buat dengan rekan kerjamu. Ini akan membantumu mendapatkan perspektif lain dalam membuat judul.

Namun, jika kamu seorang penulis independen, kamu bisa brainstorming dengan rekan komunitas blogger atau penulis lainnya. Objektivitas menjadi lebih terjaga. Sesekali, kamu perlu mendapat penilaian dari orang lain untuk memastikan apakah judul artikel sudah menarik atau belum.

Saat ini kamu bisa menggunakan ChatGPT untuk mencari pilihan judul menarik. Masukkan kata kunci yang kamu pilih dan mewakili isi tulisan, lalu baca berulang kali sampai menemukan judul menarik sesuai perasaan dan pikiranmu.

Itulah lima tips untuk menulis judul artikel yang menarik perhatian pembaca. Ingat, judul artikel harus dibuat semenarik mungkin karena sebagian besar pembaca akan melihat judul terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membaca artikel sampai selesai. Ingin karier menulismu meroket dan bisa tembus penerbit mayor lewat naskah non-fiksi? Ikuti kelas di bawah ini dan kontak Instagram saya @reffi_dhinar.