←back to Blog

5 Tips Menulis Artikel Ketika Otak Sedang Buntu

 

Kehabisan ide saat sedang menulis menjadi sebuah hal yang seringkali dialami oleh para penulis dan ini sangat wajar. Kendati demikian, hal ini tentu harus segera diatasi dengan baik.

Terlebih, bagi kamu yang berprofesi sebagai content writer. Sebab, tiap harinya kamu pasti bertugas untuk menulis sebuah artikel atau konten untuk blog. Oleh karena itu, kamu harus paham tips menulis artikel ketika otak sedang buntu ide.

Masalah yang Muncul Saat Ide Mampet

Beberapa masalah yang muncul ketika ide menulis mampet, tetapi klien tidak bisa menunggu antara lain:

  • Tidak tepat waktu: setiap job pasti sudah memiliki tenggat waktu yang disesuaikan dengan rencana bisnisnya. Misalnya, ketika saya mendapat job menulis press release sebuah perusahaan asuransi yang melakukan rebranding, ketika muncul revisi, maka saya harus segera mengirimkannya dalam waktu satu hari. Kalau terlambat, otomatis ini mengganggu rencana bisnis klien.
  • Terancam burnout: hal paling menyebalkan ketika ide macet adalah ancaman burnout. Kamu berusaha memaksakan diri untuk menulis tanpa berusaha rileks atau tidak beristirahat dengan cukup. Ini sangat berbahaya karena otak malah tidak bisa produktif ketika kondisinya tegang dalam waktu lama.
  • Konteks kalimat kurang mengalir: ketika sudah dekat dengan tenggat waktu penyerahan tulisan, ide semakin mampet, maka saya pun mencari artikel sebanyak mungkin sebagai referensi agar bisa saya rewrite. Akibatnya, tulisan jadi tidak ada ‘nyawanya’. Saya pun jadi harus revisi berulang kali ketika tidak menulis dalam kondisi tenang.

 

5 Tips Menulis Artikel Agar Ide Terus Lancar

Bagaimana caranya agar tidak berlama-lama tenggelam dalam kebuntuan ide? Simak paparannya di bawah ini, ya!

Banyak Membaca Buku atau Artikel

Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak pula bahan-bahan yang bisa kamu jadikan untuk menjadi sebuah tulisan. Luangkanlah waktu sejenak untuk selalu membaca tulisan, entah itu dalam bentuk buku fiksi atau non-fiksi, artikel, ataupun jurnal. Dengan demikian, kamu akan menemukan berbagai macam sudut pandang menarik yang bisa dijadikan ide untuk menulis.

Sebagai contoh, kamu ingin menulis tentang tips mengatasi writer’s block untuk menulis. Nah, supaya dapat ide-ide yang menarik untuk bahan tulisan tersebut, kamu bisa baca-baca artikel yang membahas mengenai hal tersebut.

Bertemu dengan Banyak Orang

Tips selanjutnya untuk mencari ide dalam menulis adalah menemui orang-orang, entah itu orang baru atau orang terdekatmu. Saat kamu mulai berbincang-bincang dengan mereka, maka akan ada ide yang bisa kamu konversikan menjadi sebuah tulisan. Setiap orang pasti mempunyai pikiran-pikiran yang unik. Hal tersebut bisa membantumu untuk menemukan ide yang tepat untuk sebuah tulisan.

Saya memiliki ide menulis artikel tentang anggapan salah soal penulis setelah berbincang dengan salah satu klien menulis privat yang kurang percaya diri dengan branding yang sedang ia buat. Ide bisa kita comot dari opini seseorang lalu kita beri tanggapan dalam sebuah artikel atau mungkin sesederhana terinspirasi.

Menonton Film

Kamu suka menonton film? Jika ya, hal ini juga bisa, lho, kamu jadikan sebagai cara yang ampuh untuk menemukan ide sebuah tulisan. Dalam sebuah film, tentu ada banyak sekali alur cerita yang menarik dan unik. Hal tersebut akan mendorongmu untuk menemukan ide-ide menarik. 

Untuk mendapatkan ide yang maksimal, kamu bisa mulai melihat film-film yang sekiranya cocok dijadikan sebagai referensi. Misalnya, kamu ingin menulis perihal petualangan, mungkin kamu bisa lihat film-film yang menyajikan kisah petualangan. Contohnya, saat saya kesengsem dengan ‘Jatuh Cinta Seperti di Film-Film‘. Saya membuat tiga konten berbeda antara lain untuk carousel, review filmnya, dan juga membahas teknik menulis yang digunakan dalam skenarionya yang bisa kamu baca di sini.

Jalan-jalan atau Sekadar Refreshing

Jika sedang suntuk dan tidak mendapatkan ide menulis, sebaiknya kamu bisa mengatur rencana jalan-jalan untuk menyegarkan otak. Mungkin saja, kamu berencana untuk pergi ke pantai sebentar atau area gunung.

Selain itu, bisa saja kamu juga hanya sekadar refreshing jalan-jalan di sekitar rumah atau mengunjungi coffee shop terdekat dari rumahmu. Kegiatan tersebut sangat ampuh untuk memunculkan ide-ide unik yang nantinya bisa kamu jadikan sebuah tulisan.

Coba Hal-hal Baru

Untuk menemukan ide-ide tulisan yang baru, maka jangan takut untuk mencoba hal-hal yang baru. Semakin ke sini, penulis semakin kreativitas dalam mengasah ide-idenya. Nah, salah satu cara untuk mengikuti hal tersebut adalah mencoba hal-hal baru yang ada dalam hidupmu.

Hal-hal baru yang dimaksudkan tidak perlu terlalu besar. Bisa jadi, hal-hal baru tersebut adalah kegiatan sepele yang sebelumnya tidak pernah kamu coba. Sebagai contoh, kamu sama sekali belum pernah mencoba memancing. Nah, cobalah mancing untuk menemukan ide-ide baru sembari menunggu ikan hinggap di kail pancingan.

 

Itu dia lima tips menulis artikel yang bisa kamu lakukan untuk menemukan ide-ide tulisan yang menarik di kala kamu sedang buntu. Dari aktivitas di atas, kira-kira mana yang ingin kamu coba? Atau jangan-jangan semuanya?

 

Reffi Dhinar

One response to “5 Tips Menulis Artikel Ketika Otak Sedang Buntu”

  1. – KINKAKU 金書

    […] contoh, kamu sedang menulis artikel tentang pengertian SEO. Mungkin, kamu bisa membuat tiga poin penting yang ingin disampaikan, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *