←back to Blog

5 Cara Menghasilkan Uang dari Blog yang Bisa Kamu Coba

cara menghasilkan uang dari blog

Mengetahui cara menghasilkan uang dari blog atau website yang bisa diakses dengan mesin pencari  di perangkat digital kita, merupakan salah satu media pencarian informasi yang paling banyak diandalkan oleh masyarakat, selain media sosial.

Pamor blog masih sangat menjanjikan untuk membangun personal branding atau meyakinkan target market dengan produk yang kita buat.

 

Cara menghasilkan uang dari blog

Nah, karena blog sangat populer dan menjadi media penyebaran informasi yang paling efektif, kamu bisa memanfaatkan blog ini sebagai ladang untuk meraih penghasilan lo. Berikut ini 5 cara menghasilkan uang dari blog yang bisa kamu coba.

Daftar Google Adsense

Cara menghasilkan uang dari blog yang paling populer adalah mendaftarkan blog ke Google Adsense. Cara ini merupakan cara jitu yang paling banyak ditempuh oleh para blogger. Bahkan, hampir semua blog-blog populer di Indonesia yang memiliki traffic padat telah terdaftar di Google Adsense.

Namun, apa itu sebenarnya Google Adsense? Google Adsense adalah program PPC (Paid per Click) milik Google yang mengharuskanmu untuk menampilkan konten iklan di halaman website milikmu.

Untuk mendaftar Google Adsense ini. Pertama, kamu harus memiliki Akun Google dan juga website kredibel yang akan kamu daftarkan. Jika, website tersebut sudah memenuhi segala persyaratan Google Adsense, kamu bisa langsung mendaftarkannya di alamat berikut ini  https://www.google.com/adsense/start/.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah selanjutnya. 

Jualan Online

Cara menghasilkan uang dari blog kedua yang tak kalah populer adalah dengan memanfaatkan blog sebagai media jualan online. Kamu bisa mengisi blog dengan berbagai deskripsi yang menarik mengenai produk yang kamu iklankan.

Kamu juga bisa menggunakan format toko online pada website guna mempermudah konsumen untuk melakukan check out pesanan.

Mengenai barang jualan, kamu bebas menjual apa saja asalkan tidak melanggar ketentuan UU atau peraturan ya. Contohnya, kamu bisa jual pakaian, sembako, pernak-pernik atau kerajinan tangan, dan sejenisnya.

Konten Berbayar

Cara ini hampir sama seperti Google Adsense, lantaran sama-sama merupakan pendapatan dari iklan. Bedanya, di konten berbayar ini kamu akan dibayar oleh klien langsung (misal Perusahaan A) untuk membuat konten yang mempromosikan produk atau jasa yang mereka miliki.

Sistem kerjanya juga hampir sama dengan sistem endorse yang biasa dilakukan oleh para selebgram, bedanya di blog ini konten yang kamu buat berupa artikel. Isi artikel tersebut harus kamu sesuaikan dengan permintaan klien. Tujuannya, agar setiap pengunjung yang membaca isi artikel promosi tersebut tertarik membeli atau menggunakan produk/jasa yang dibahas.

Cara ini biasanya sering dilakukan pada sebuah website yang telah memiliki nama (websitenya sudah besar) dengan traffic yang tinggi. Mengenai harga, kamu bisa mematok harga tertentu sesuai dengan harga pasaran dan sesuai dengan kesepakatan dengan klien.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing sendiri juga hampir mirip konten berbayar, hanya saja jumlah bayarannya tergantung pada banyaknya orang yang mengklik atau mendaftar di suatu platform menggunakan link atau kode referral yang kamu bagikan di blogmu.

Contohnya, kamu  menjadi seorang Affiliate Marketer di salah satu perusahaan hosting. Lalu, kamu membuat sebuah artikel lengkap mengenai perusahaan tersebut. Di akhir artikel, kamu kemudian mencantumkan link atau kode referral yang kamu miliki.

Setiap orang yang mendaftar dan membeli produk hosting di perusahaan tersebut maka kamu akan mendapatkan komisi.

Ada banyak sekali tempat yang bisa kamu daftarkan sebagai mitra affiliate ini lho, contohnya saja ada Hostinger, Amazon, ShareASale, eBay Partners, Shopify Affiliate Program, dan lain sebagainya.

Jasa Pembuatan Blog

Cara menghasilkan uang dari blog kelima ini bisa dibilang lain dari keempat cara di atas. Kamu butuh menajamkan kemampuan instalasi sebuah blog atau lebih bagus lagi jika mengerti koding.

Untuk bisa menggunakan metode ini, maka kamu harus sudah ahli dalam membuat website, paham bahasa pemrograman terutama untuk membuat sebuah website, dan tentunya berpengalaman.

Hal ini sangat penting untuk menghasilkan suatu website yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan klien. Bisnis ini cukup menguntungkan dan bahkan bisa dibilang memiliki prospek masa depan yang menjanjikan lantaran banyak sekali orang yang membutuhkan website untuk perusahaan atau berbagai keperluan mereka.

Sementara, mereka tidak bisa membuatnya sendiri sehingga pengerjaan website tersebut diserahkan pada orang lain yang lebih ahli.

Untuk harganya sendiri tergantung spesifikasi website yang diinginkan. Contoh, untuk website perusahaan sederhana biayanya bisa dimulai dari 2 juta rupiah.

 Itulah 5 cara menghasilkan uang dari blog yang bisa kamu coba. Mana yang paling ingin kamu coba? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

(Baca Juga: Strategi Penulis Fiksi yang Ingin Jadi Content Writer)

Reffi Dhinar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *